Tips Merawat Batik Supaya Awet

Selamat pagi pengunjung Sejarah Batik Indonesia, pada kesempatan kali ini, saya mau share tentang Tips Merawat Batik Supaya Awet. Karena meskipunkita mempunyai batik dengan kualitas tebaik kalau kita tidak telaten merawatnya, tentu akan cepat rusak. Sayang banget kan kalau Batik Tulis, Batik Cap atau Batik Lukis kita cepat rusak.
Berikut adalah beberapa Tips Merawat Batik Supaya Awet. Langsung saja simak bareng-bareng :

  1. Jangan Mencuci Batik dengan Mesin Cuci


    Mencuci batik menggunakan Mesin Cuci dapat menyebabkan motif batik luntur dan pudar, lebih baik mencuci batik dengan cara kuno yaitu dengan menggunakan tangan. Kalau pun batik Anda terlihat sangat kotor, rendam dahulu dengan air hangat lalu kucek perlahan dengan tangan.

  2. Jangan Mencuci Batik Menggunakan Deterjen

    Konon zat-zat kimia yang terkandung dalam deterjen bisa merusak motif batik, jadi hindarilah penggunaan dterjen untuk batik Anda. Kalau pun harus menggunakan deterjen, gunakan deterjen khusus untuk batik atau Anda bisa menggunakan shampoo rambut.
  3. Jangan Menjemur Batik Langsung di Terik Matahari

    Menjemur batik langsung di terik matahari bisa menyebabkan motif batik Anda rusak, dianjurkan untuk menjemur batik di tempat teduh atau dengan cara mengangin-anginkan batik Anda supaya kering.

  4. Jangan Menyetrika Batik Secara Langsung

    Suhu yang panas dari listrik yang dihantarkan setrika Anda bisa menyebabkan motif batik Anda cepat rusak. Jadi usahakan jangan menyetrika batik secara langsung, beri perantara antara batik dengan setrika memakai kertas atau koran. Kalau Anda tidak mau ribet, gunakan setrika dengan suhu rendah.

  5. Jangan Menyemprotkan Parfum pada Batik

    Aroma parfum yang Anda semprotkan pada batik Anda sebenarnya tidak berpengaruh pada motif maupun bahan batik. Akan tetapi zat kimia yang terkandung dalam parfum yang menempel pada batik Anda lambat laun bisa merusak motifnya. Kalau Anda mau, alasi batik Anda dengan koran atau kertas tipis supaya batik Anda tetap dapat menerima wangi parfum tanpa khawatir dengan kerusakan motifnya.
  6.  Jangan Menggunakan Kapur Barus untuk Batik Anda
    Ketika Anda memutuskan untuk menyimpan batik Anda di lemari, hindari menggunakan kapur barus hanya untuk sekedar menghilangkan bau apek. Konon katanya kapur barus dapat merusak serat batik Anda.
Demikian Tips Merawat Batik Supaya Awet dari Sejarah Batik Indonesia mudah-mudahan bermanfaat untuk Anda.

0 comments:

Post a Comment