Cara Membuat Batik Lukis


Setelah lusa kita telah belajar Cara Membuat Batik Cap, kali ini blog Sejarah Batik Indonesia akan mengulas Cara Membuat Batik Lukis.

Sebelum melangkah lebih lanjut, ada baiknya pembaca kembali membuka halaman Jenis Batik Indonesia berdasarkan Proses Pembuatannya Karena ada 3 jenis batik Indonesia, yaitu Batik Tulis, Batik Cap dan yang akan kita bahas adalah Cara Membuat Batik Lukis. .

Biar tidak penasran, kita langsung saja untuk belajar Membuat Batik Lukis

Siapkan kain katun atau sutera seluas bidang lukis yang diinginkan.

Proses Membuat Batik Lukis

Kemudian dibuat sket atau coretan-coretan atau apapun tergantung dari masing-masing orang yang ingin membuatnya, karena terkadang untuk langsung menuangkan ekspresi seninya, pembatikan di atas kain dilakukan tanpa menggunakan sket atau coretan-coretan terlebih dahulu namun langsung mencoretkan malam dengan canting ataupun kuas di atas kain. Pada batik lukis ini seringkali pembatikan dan pewarnaan dilakukan beriringan untuk mendapatkan hasil lukisan yang diinginkan.

Khusus pada pewarnaan untuk menciptakan efek-efek khusus, gradasi atau efek-efek yang lainnya terkadang selain kuas digunakan juga kapas atau potongan kain.

Yang terpenting dalam proses pembuatan batik lukis ini adalah perpaduan antara pengerjaan pembatikan dan pewarnaan yang tergantung dari citarasa seni pembuatnya. Sesungguhnya pembuatan batik lukis ini sangatlah rumit ketika ingin mendapatkan warna dan efek yang diinginkan karena terkadang warna dan efek tersebut tidak dapat tercapai. Namun jika warna dan efek tersebut dapat tercapai maka akan mendapatkan lukisan dengan warna yang sangat indah luar biasa. Disinilah kelebihan dari lukisan batik dibanding lukisan lain.

Lukisan yang indah akan terlihat pada kain setelah proses pelorodan malam batik dilakukan

Selain seni lukis batik tersebut masih banyak seni batik lainnya dan salah satunya yang berhubungan dengan kerajinan tangan adalah seni batik kayu (wood batik) yaitu pembatikan yang dilakukan diatas media kayu ataupun pahatan kayu dengan pemrosesan dan pewarnaan batik.

Demikian postingan tentang Cara Membuat Batik Lukis. Semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment